Advertisement

Responsive Advertisement

Klikvite, Aplikasi Undangan Online (UI/UX Case Study)

 




Kawinin

Berbagi Momen Bersama Klikvite





Disclaimer:
Proyek UI/UX ini merupakan bagian dari Tugas maata kuliyah UI/UX sebagai Challenge untuk bekerjasama dengan tim. tulisan ini dibuat untuk mendokumentasikan hasil proses yang di lakukan bersama tim.

Latar Belakang

Pergeseran perilaku konsumen menuju penggunaan teknologi digital menjadi suatu hal yang tak terhindarkan. Salah satu aspek yang mengalami transformasi signifikan adalah penyelenggaraan acara, termasuk proses pengiriman undangan. Tradisi penggunaan undangan fisik yang kertas secara bertahap digantikan oleh undangan digital atau online. Hal ini disebabkan oleh kemudahan akses, efisiensi, dan kesempatan untuk mengintegrasikan unsur-unsur multimedia yang lebih kaya.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, Kami merancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada aplikasi undangan online menjadi krusial. Desain yang baik akan memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan, meningkatkan efisiensi dalam proses undangan, dan menggugah kreativitas dalam penyelenggaraan acara.

Metode 

Model Design Thinking adalah suatu pendekatan yang diterapkan dalam pengembangan produk dan layanan untuk memahami secara lebih baik kebutuhan pengguna, menciptakan solusi yang inovatif, dan iteratif. Dalam konteks perancangan UI/UX aplikasi undangan online, penerapan model Design Thinking akan membantu memahami secara mendalam kebutuhan pengguna, menemukan potensi masalah, dan menciptakan solusi yang lebih baik.

Model Design Thinking mendorong perancang untuk berpikir di luar batas dan menciptakan solusi yang unik. Kolaborasi Tim: Desain Thinking mendorong kolaborasi yang erat antara anggota tim yang memiliki keahlian berbeda, memastikan bahwa berbagai perspektif diperhitungkan dalam proses perancangan. Pemahaman Holistik: Model ini tidak hanya memandang aspek teknis, tetapi juga mempertimbangkan aspek emosional, sosial, dan kontekstual dalam pengalaman pengguna.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, beberapa permasalahan utama yang muncul dalam perancangan UI/UX Aplikasi Undangan Online dengan menggunakan Model Design Thinking adalah

Ketidaksesuaian dengan Kebutuhan Pengguna:

  • Bagaimana merancang UI/UX aplikasi undangan online agar dapat lebih sesuai dengan berbagai kebutuhan dan preferensi pengguna modern dalam menyelenggarakan acara mereka?

Kurangnya Pemahaman Mendalam terhadap Pengalaman Pengguna:

  • Bagaimana memastikan bahwa perancang memiliki pemahaman yang mendalam terhadap pengalaman pengguna sehingga desain dapat menggugah perasaan positif dan memberikan kenyamanan dalam penggunaan aplikasi undangan online?

Kesulitan Integrasi Unsur Multimedia yang Kaya:

  • Bagaimana mengintegrasikan unsur-unsur multimedia dengan cara yang efisien dan kreatif sehingga meningkatkan daya tarik undangan online dan memberikan pengalaman yang lebih memuaskan?

Kurangnya Proses Iteratif dalam Pengembangan:

  • Bagaimana mengimplementasikan proses iteratif secara efektif dalam pengembangan UI/UX aplikasi undangan online agar dapat terus menerus diadaptasi sesuai dengan perkembangan kebutuhan pengguna?

Keterbatasan Kolaborasi Tim:

  • Bagaimana meningkatkan kolaborasi antara anggota tim yang memiliki keahlian berbeda agar dapat menciptakan desain yang holistik dan menggabungkan berbagai perspektif?

Pentingnya Aspek Emosional, Sosial, dan Kontekstual:

  • Bagaimana memastikan bahwa desain aplikasi undangan online memperhitungkan dengan baik aspek emosional, sosial, dan kontekstual dalam pengalaman pengguna, sehingga lebih relevan dengan kebutuhan pengguna di berbagai konteks acara?

Project Management

a. Ageng Putra Pratama (Scrum Master) 🔵
b. megaroy123@gmail.com (Decision Maker)🟢
c. rizkicahyani042@gmail.com (Planner)💛
d. deaayuretna2206@gmail.com (Public Relation) 🧡

Persona Aplikasi

who?
Anak muda di wilayah perkotaan yang ingin mengadakan event atau hajatan tanpa harus mengeluarkan banyak biayau untuk memesan dan mendistribusikan undangan.

Tujuan :
Menciptakan aplikasi yang bisa di customisasi sesuai dengan template yang disediakan dan mempermudah ketika ingin menmbuat acara dan mendistrubusikan nya mellaui bebrapa sosial media atau kontak yang telah di kenal.

Hambatan:
Sering marak terjadi penipuan dengan link atau palikasi yang mengatasnaman saudara atau pihak yang tidak dikenal.

Produk yag akan dibuat adalah multiplatform sistem pemesanan undangan digital multi fitur 

Research calon user

  1. Bagaimana Anda biasanya membuat dan mengirimkan undangan acara saat ini?
    2. Apa jenis acara yang sering Anda adakan?
    3. Apakah anda pernah menggunakan undangan digital? Ya
    4. Menurut anda, apa kelebihan dan kekurangan undangan digital yang pernah anda gunakan sebelumnya? Kelebihannya lebih praktis, tp Kurang efisien (sopan)
    5. Bagaimana preferensi Anda terkait desain undangan?Minimalis, klasik, modern, atau mungkin ada tema khusus? Lumayan worth it
    6. Apakah Anda lebih suka undangan yang dapat disesuaikan dengan mudah? Iya
    7. Berapa jumlah undangan yang biasanya Anda kirimkan? 50
    8. Apakah Anda lebih suka undangan yang dapat diakses secara online atau yang dapat diunduh? Online
    9. Apakah Anda tertarik dengan fitur RSVP online atau manajemen tamu yang terintegrasi? Yaa
    10. Bagaimana preferensi Anda terkait privasi dan keamanan undangan digital? Kurang aman krna maraknya kasus penipuan lewat media undangan
    11. Apa harapan Anda terkait pengalaman pengguna dalam menggunakan undangan digital? Berharap lebih baik saja

User Persona 1

From Author

User Journey 1

From Author

User Persona 2

From Author

User Journey 2

from Author

Melalui user persona dan user journey ini setidaknya kami sudah memiliki gambaran akan keinginan user beserta dengan beberapa research yang kami lakukan sehingga kami dapat memenuhi kebutuhan user.

Analisis Kompetitor

Business Process Modeling Notation (BPMN)

From Author

Flowchart Dashboard App

From Author

Flowchart diatas merupakan alur ketika pengguna hendak login menggunakan Aplikasi KlikVite sampai login berhasil.

Analisisi SWOT



strength: aplikasi ini memiliki fitur yang bisa di kustomisasi atau di otomatisasi sesuai preferensi
pengguna sehingga kita tidak perlu ribet untuk mengganti dan mengubah beberapa tampilan karena tampilannya sudah disediakan oleh aplikasi
Weakness: masih banyak user yang paham mengenai undangan digital dan maraknya kasus penipuan yang mengatasnamakan pihak pihak terkait dan ini menjadi pr untuk kami
Opportunity: karena dengan banyak nya undangan yang sekali pakai dan menimbulkan sampah serta bahan baku yang berasal dali alam juga kami ingin juga mengedukasi terkait permasalahan tersebut dengan memberikan poin setiap membuat undangan digital di platform kal=mi yang nanatinya akan di sumbangkan pada ngo atau gerakan yang mengatasi masalah dampak lingkungan 
Threat: jika aplikasi ini telah digunakan banyak user akan banyak perubahan dari sisi client dan akan merusak pasar undangan konvensional

Crazy 8    

Wireframe Awal

Pada tahap ini, kami mulai melakukan proses low fidelity desain yang baru berisikan kerangka aplikasi. Fungsi utama dari wireframe sendiri adalah, Menggambarkan struktur dan tata letak, Mengidentifikasi kebutuhan fungsional, Menguji dan memvalidasi desain.

From Author

DESAIN PROTOTYPE

Kemudian, setelah semua desain visual telah selesai kami pun mulai untuk mengembangkan interaksi interaktif aplikasi yang dikenal sebagai Prototype. Tahap ini akan menjadi penentu intrekasi dari setiap desain halaman yang telah dibuat sebelumnya.

1. Desktop

From Author

2. Fitur Web

From Author

3. Produk

From Author

4. Paket Harga

From Author

5. Testimoni

From Author

Usability Study Plan


Latar belakang

event organizer ingin membuat layanan baru untuk mempermudah pengguna dalam memesan membuat dan membagikan undangan tanpa harus lam lama dalam mencari untuk kebutuhan acara pernikahan

tujuan riset

mengetahui seberapa mudah fitur yang ditawarkan dan feedback pengguna

Pertanyaan utama

  1. apakah pernah menggunakan aplikasi undangan digital sebelumnya ?

  2. seberapa mudah fitur yang ditawarkan 

  3. apakah fitur afiliasi dan pembayaran langsung sangat membantu ?

Key Performance Indicator

tingkat ketertarikan 

error

keselesaian task yang disiapkan 

Metodologi

unmoderated usability study

waktu: 3 hari

tempat: online

Participant

mahasiswa dan pasangan yang ingin merencanakan pernikahan

Skrip

Pernahkah Anda pernah menggunakan aplikasi undangan digital sebelumnya?

Yes

No


Jika ya, sudah berapa kali Anda menggunakan undangan digital ?

1 Kali

2 kali

3 Kali

>3 Kali


Melakukan Pendaftaran Akun, login, dan Forgot password.

Pergi ke Login dan pilih daftar untuk melakukan register. Masukkan semua data yang diperlukan lalu tekan register. Jika sudah berhasil makan lakukan login dengan memasukkan email dan password yang telah terdaftar. Tekan forgot password bila lupa password.


Memilih, membayar, mengedit undangan dan copy link undangan untuk di share.

Setelah login, di menu Dashboard klik "Buat Undangan" untuk pilih template undangan. Bayar di invoice dengan metode GoPay. Masuk Di menu "Undangan", pilih undangan yang sesuai, isi data, simpan, dan copy link.


Seberapa sulit menjalankan aplikasi ini

Sangat Sulit ? / Sangat Mudah?


USABILITY TESTING (MAZE)

from Author

Pada tahap ini, setelah selesai mengembangkan desain maupun interaksi interaktif dari aplikasi yang kami buat kami pun mulai menguji coba keberhasilan dari aplikasi ini. Kami mencari responden yang sesuai dengan user persona yang telah dibuat sebelumnya.

Berikut skenario yang yang kami siapkan untuk responden selesaikan:

Skenario 1: Pernahkah Anda pernah menggunakan aplikasi undangan digital sebelumnya?

Skenario 2: Jika ya, sudah berapa kali Anda menggunakan undangan digital?

Skenario 3: Melakukan Pendaftaran Akun, login, dan Forgot password.

Seknario 4: Memilih, membayar, mengedit undangan dan copy link undangan untuk di share.

Skenario 5: Coba daftar sebagai affiliate.

Skenario 6: Seberapa sulit menjalankan aplikasi ini?

Kesimpulannya dari respon yang sudah mencoba dan merasakan experience melalui Maze dari Aplikasi KlikVite yang kami buat semua responded memberikan feedback yang positif.

  1.  Alur proses dapat di pahami oleh calon user
  2. Untuk progress tampilan desgn mungkin lebh baik di sempurnakan dan prototype nya sudah jelas
  3. mengurangi aset yang membuat bias

. . . 

Sekian dan Terimakasih, harapannya kami dapat terus berinovasi dan mengembangkan Aplikasi KlikVite supaya dapat memberikan manfaat kepada pengguna dan pembaca.

Laporan

Post a Comment

0 Comments